Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Sikakap Panik Diguncang Gempa

Kompas.com - 05/01/2011, 22:21 WIB

PADANG, KOMPAS.com — Gempa bumi berkekuatan 5,8 SR yang terjadi pada Rabu (5/1/2011) sore tadi membuat panik warga di Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Gempa di sini terasa kuat sekali. Warga juga panik," kata M Sawir, warga Sikakap, yang menghubungi Kompas sekitar lima menit setelah gempa terjadi. Warga di Sikakap kesulitan memperoleh informasi langsung dan cepat soal lokasi pasti gempa dan kemungkinan terjadi atau tidaknya gelombang tsunami seusai gempa tersebut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika lewat situs http://www.bmg.go.id menyebutkan, gempa terjadi pada pukul 17.15 dengan kekuatan 5,8 skala Richter dan tidak ada potensi tsunami. Pusat gempa berada di titik 15 kilometer barat laut Pulau Pagai Utara, Kepulauan Mentawai, pada kedalaman 19 kilometer.

Sementara di Kota Padang, gempa bumi yang terjadi dalam cuaca hujan deras itu relatif tidak membuat panik. Bahkan, sebagian besar penonton di Stadion GOR Haji Agus Salim yang tengah menyaksikan laga antara kesebelasan Semen Padang dan Deltras Sidoarjo tidak menyadari adanya gempa bumi yang tengah terjadi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com