Pasien TB Lebih Rentan Kanker Paru

Kompas.com - 06/01/2011, 08:45 WIB
EditorAsep Candra

TAIPEI, KOMPAS.com Para pengidap penyakit tuberkulosis kini harus lebih waspada dalam menjaga kondisi kesehatannya. Riset para ahli di Taiwan menunjukkan, mereka yang menderita tuberkulosis memiliki kecenderungan 11 kali lebih besar menderita kanker paru-paru.

Kesimpulan itu diambil para ilmuwan setelah meneliti lebih dari 700.000 orang yang terpilih secara acak selama enam tahun, termasuk 4.480 orang terdiagnosis penyakit TB.

"Kejadian kanker paru-paru pada pasien TB terhitung 11 kali lebih tinggi dibandingkan dengan pasien tanpa TB. Penelitian ini membuktikan pentingnya pencegahan kanker paru-paru melalui kampanye terhadap TB," ungkap Chen Chih-yi, peneliti dari China Medical University di pusat kota Taichung, Taiwan.

Temuan yang dimuat dalam Journal of Thoracic Oncology edisi Januari itu mendukung keterkaitan antara TB dan kanker paru-paru, yang sebelumnya sudah diperkirakan tetapi belum terbukti.

"TB merupakan penyakit kronis paling umum di dunia. Pasien yang paling banyak mengidap penyakit ini ada di negara berkembang dan kurang maju. Kanker paru-paru juga umum dikenal berkaitan dengan merokok. Perhatian kurang difokuskan pada penderita TB yang juga berisiko tinggi terkena kanker paru-paru," ujar Chen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.