Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien TB Lebih Rentan Kanker Paru

Kompas.com - 06/01/2011, 08:45 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com Para pengidap penyakit tuberkulosis kini harus lebih waspada dalam menjaga kondisi kesehatannya. Riset para ahli di Taiwan menunjukkan, mereka yang menderita tuberkulosis memiliki kecenderungan 11 kali lebih besar menderita kanker paru-paru.

Kesimpulan itu diambil para ilmuwan setelah meneliti lebih dari 700.000 orang yang terpilih secara acak selama enam tahun, termasuk 4.480 orang terdiagnosis penyakit TB.

"Kejadian kanker paru-paru pada pasien TB terhitung 11 kali lebih tinggi dibandingkan dengan pasien tanpa TB. Penelitian ini membuktikan pentingnya pencegahan kanker paru-paru melalui kampanye terhadap TB," ungkap Chen Chih-yi, peneliti dari China Medical University di pusat kota Taichung, Taiwan.

Temuan yang dimuat dalam Journal of Thoracic Oncology edisi Januari itu mendukung keterkaitan antara TB dan kanker paru-paru, yang sebelumnya sudah diperkirakan tetapi belum terbukti.

"TB merupakan penyakit kronis paling umum di dunia. Pasien yang paling banyak mengidap penyakit ini ada di negara berkembang dan kurang maju. Kanker paru-paru juga umum dikenal berkaitan dengan merokok. Perhatian kurang difokuskan pada penderita TB yang juga berisiko tinggi terkena kanker paru-paru," ujar Chen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com