Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahsyatnya Musik Sama seperti Bercinta

Kompas.com - 11/01/2011, 09:20 WIB

KOMPAS.com — Mendengarkan musik favorit, baik itu musik beraliran pop, rock, jazz, maupun klasik, akan memicu reaksi kimia dalam tubuh seperti halnya ketika kita sedang bercinta, makan makanan enak, atau mengonsumsi obat. Mungkin itu sebabnya musik sangat menenangkan dan populer.

Para peneliti yang terdiri dari pakar neuroscientist dari Kanada menemukan bahwa ketika kita sedang mendengarkan musik favorit, tubuh akan mengeluarkan hormon dopamin.

Dalam dosis yang tepat, dopamin akan menciptakan kekuatan, kegembiraan, serta dorongan kuat untuk memberikan imbalan. Hormon ini dilepaskan tubuh ketika seseorang memandang kekasih hatinya ataupun menyantap hidangan lezat.

"Musik menelusup jauh ke dalam otak, yang melibatkan sistem biologik sejak manusia purba. Mungkin itu menjelaskan mengapa dopamin menimbulkan sensasi kesenangan di striatum, bagian dalam otak yang primitif," kata Robert Zatorre, Ketua Peneliti Montreal Neurological Institute, Kanada.

Ia menambahkan, efek musik yang dahsyat itu bisa dipakai untuk mengatur alam bawah sadar kita. "Heroin dan kokain juga punya efek sama, tapi dampaknya adalah kecanduan. Sementara itu, tubuh tidak rugi apa-apa jika kita kecanduan musik," katanya.

Dalam risetnya, Zatorre meminta para partisipan studi mendengarkan musik sesuai dengan selera masing-masing, kemudian mereka melakukan pemindaian otak untuk mengetahui aktivitas otak yang terjadi ketika musik diperdengarkan. "Semua jenis musik mengaktifkan bagian otak yang sama selama kita menyenangi jenis musik tersebut," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com