Kelamaan Naik Motor, Bahayakan Organ Seks?

Kompas.com - 12/01/2011, 08:04 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dok, saya mau konsultasi. Pada saat mengendarai sepeda motor dengan waktu yang agak lama, daerah kemaluan saya seperti kesemutan. Dan bila saya melompat pada ketinggian lebih kurang 1 meter, daerah di sekitar testis sering sakit seperti kejang. Itu kenapa ya? Apakah terlalu lama berkendara berbahaya untuk alat reproduksi saya? Terima kasih  

Dimas Prakosa, 32, Purbalingga, Jawa Tengah  

JAWAB :

Mudah dimengerti, timbul rasa kesemutan di daerah kelamin dan sekitarnya bila mengendarai sepeda motor terlalu lama. Alasannya, karena terjadi tekanan di bagian perineum (bagian di antara anus dan kelamin), yaitu bagian yang banyak ujung saraf perasa.

Kalau Anda merasa sakit di sekitar testis ketika melompat, itu juga dapat dimengerti. Benturan di testis ketika melompat tentu akan menimbulkan rasa sakit. Oleh karena itu, apabila melompat seperti itu, disarankan menggunakan celana dalam yang menopang testis.

Pada umumnya mengendarai sepeda motor dalam waktu lama tidak akan mengganggu organ reproduksi. Namun, ada pengamatan terhadap pengendara sepeda balap, yaitu jika berkendara dalam waktu lama, pengendara akan mengalami disfungsi ereksi.

Ini akibat terjadi perdarahan kecil di daerah perineum tersebut. Namun, saya pikir perlu penelitian yang benar sebelum tiba pada kesimpulan itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.