Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lawan Stres dengan Teh, Begini Caranya!

Kompas.com - 13/01/2011, 17:03 WIB

Kompas.com — Khasiat teh (Camellia sinensi) sudah sejak lama dikenal, baik sebagai antioksidan, penekan risiko penyakit jantung dan stroke, maupun pencegah kanker. Namun, sebenarnya teh juga punya manfaat sebagai minuman antistres.

Sebuah penelitian menunjukkan, mereka yang meminum teh secara teratur memiliki kemampuan menanggapi stres yang datang secara lebih tenang. Pikiran-pikiran negatif pada peminum teh juga lebih cepat dibalikkan daripada orang yang jarang minum teh.

Hal itu terjadi karena kandungan teh memiliki efek menurunkan tekanan darah sehingga membuat tubuh lebih rileks dan meredakan kecemasan.

Akan tetapi, menurut Rina Poerwadi, ahli holistik aromaterapi, untuk mendapatkan khasiat antistres tersebut, cara minum teh yang tepat juga perlu dipelajari.

"Sediakan waktu khusus untuk minum teh. Kalau ingin menghilangkan stres, teh harus diminum dalam kondisi mindfullnes, tidak terburu-buru. Rasakan dan nikmati hangatnya, aromanya. Lambat laun tubuh akan menjadi rileks," katanya.

Minum teh bersama para sahabat juga memiliki manfaat positif lebih besar. Itu sebabnya, di Inggris terdapat kebiasaan minum teh bersama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com