Usir Ketombe dengan Jus Apel

Kompas.com - 19/01/2011, 13:26 WIB
EditorNadia Felicia

KOMPAS.com - Yang paling menyebalkan dari ketombe adalah kulit kepala yang gatal dan kelupasan kulit yang mengotori keindahan rambut. Selain terlihat tidak sedap, ketombe juga membahayakan kesehatan kulit kepala dan rambut. Sebelum Anda mencoba obat-obatan kimiawi yang keras pada kepala, coba atasi masalah ini dengan pengobatan alami. Berikut di antaranya;

Minyak zaitun
Gunakan minyak zaitun yang sudah dipanaskan dan aplikasikan pada kulit kepala. Kombinasikan dengan mandi uap, yang bisa membantu mengusir zat-zat yang merusak kulit kepala dan rambut Anda. Panaskan minyak zaitun dalam mangkuk, lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut. Pijat kulit kepala Anda, lalu bungkus dengan handuk lembab, biarkan selama 10-15 menit. Lakukan ini beberapa kali seminggu. Minyak zaitun memberikan kelembaban pada kulit yang mengelupas karena ketombe.

Jus apel
Buah-buahan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, dan apel memiliki kandungan ini. Anda bisa membuat tonik rambut dari buah apel untuk mengatasi ketombe pada kulit kepala. Caranya, ambil sari dari buah apel. Campurkan 2 sendok makan jus apel dengan 2 sendok makan air hangat. Kemudian, tuangkan campuran tadi ke rambut sebelum keramas, pijat-pijat pada rambut hingga seluruh rambut dan kulit kepala terkena campuran tadi. Biarkan selama 15-20 menit, kemudian bilas. Lakukan seminggu sekali, dan lihat hasilnya setelah minggu ketiga.

Minyak almon
Minyak alami adalah penyembuh sempurna dari masalah rambut dan kulit yang paling kuat sekalipun. Minyak almon juga bisa membantu atasi masalah ketombe di kulit kepala. Pijat kulit kepala dengan minyak almon, lalu bungkus rambut menggunakan handuk yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat. Pastikan handuk dalam keadaan hangat. Lakukan hal ini setidaknya 2 kali per minggu.

Baking soda
Baking soda sudah dikenal bisa digunakan untuk banyak hal, termasuk mengatasi ketombe. Anda bisa campurkan baking soda pada shampo yang akan Anda gunakan, lalu usapkan pada rambut. Biarkan selama 2 menit, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan hal ini setidaknya 2 kali seminggu hingga ketombe tak ada lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.