Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lifebuoy Health Institute Dibuka di KidZania

Kompas.com - 27/01/2011, 13:04 WIB

KOMPAS.com - Kebiasaan hidup sehat bisa dimulai dengan cara sederhana, di antaranya mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Budaya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ini kini bisa dipelajari anak dan keluarga di wahana bermain edukatif di KidZania, Mal Pasific Place, Jakarta. Untuk menyebarluaskan kebiasaan sehat ini, Lifebuoy bekerjasama dengan KidZania mendirikan Lifebuoy Health Institute pada Kamis (27/1/2011). Program edukasi ini merupakan kelanjutan kampanye Lifebuoy Berbagi Sehat yang dimulai sejak 2004, dan kampanye PHBS melalui edukasi cuci tangan pakai sabun (CTPS).

Dengan mengunjungi Lifebuoy Health Institute di KidZania, anak mulai usia empat tahun bisa memelajari kebiasaan CTPS dan juga mengenal profesi peneliti. Eka Sugiarto, Marketing Manager Skin Cleansing PT Unilever Indonesia Tbk, mengatakan melalui KidZania anak bisa mempraktekkan berbagai simulasi seputar PHBS dengan cara yang unik. Simulasi ini bisa menjadi contoh sekaligus memberikam dampak positif pada anak sejak usia dini.

"Anak-anak pengunjung KidZania bisa berbagi cerita dan pengalamannya di Lifebuoy Health Institute. Anak bisa menjadi health agent dan agen perubahan," jelas Eka, dalam acara pembukaan Lifebuoy Health Institute - KidZania.

Kegiatan yang bisa dilakukan anak di wahana ini di antaranya:
* Anak menonton tayangan video tentang bakteri, virus, dan karakternya. Melalui video ini, anak juga diajarkan lima cara sehat dan bersih ala Lifebuoy. Melalui kegiatan ini anak belajar kebiasaan PHBS yang menjadi kampanye inti dari Lifebuoy.

* Eksperimen dengan Glo Germ dan UV Scanner. Melalui cara ini, anak bisa mengenali apakah cara mereka mencuci tangan sudah baik dan benar. Jika masih terdapat kuman di tangan, yang diketahui dari screening, anak bisa mendapatkan pengalaman langsung menjalani kebiasaan PHBS yang tepat.

* Observasi simulasi proses pembuatan dan pengetahuan tentang kandungan sabun batang. Anak bisa menelusuri seluk-beluk sabun dengan simulasi ini.

* Eksperimen pembuatan dan pengetahuan tentang sabun cair. Melalui kegiatan ini, Lifebuoy dan KidZania ingin mengenalkan anak mengenai dunia peneliti.

* Tayangan video eksperimen perbandingan buah yang disentuh dengan tangan kotor dan tangan bersih selama 20 menit. Contoh langsung yang didapat anak dari pengalaman unik ini memberikan pembelajaran yang lebih efektif.

Usai mengikuti lima rangkaian kegiatan ini, anak mendapatkan sertifikat dokter kecil dan sabun batang. Selain itu anak juga mendapatkan gaji berupa mata uang resmi KidZania sebesar 10 KidZos. Konsep Lifebuoy Health Institute KidZania dirancang interaktif, aman, dan edukatif berkapasitas 8 orang. Lifebuoy memilih Jakarta untuk menjalani program ini karena kebiasaan PHBS masih perlu ditingkatkan. Jakarta sebagai ibukota menempati rangking ke-9 dari 33 provinsi yang menerapkan PHBS yang tepat. Diharapkan Jakarta bisa menjadi contoh perilaku hidup sehat dengan konsep unik ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com