Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Varicocele" Tidak Harus Sakit

Kompas.com - 28/01/2011, 08:36 WIB

TANYA  : 

Dengan hormat, Apakah varicocele itu pada umumnya sakit dok? Kalau mau berkonsultasi/ diagnosa untuk memastikan penyebab rasa nyeri apakah terkait dengan varicocele atau ada penyebab lain, maka sebaiknya konsultasi ke Androlog atau ke Urolog atau spesialis apa? Apa metode diagnosa untuk hal itu?

Hardi, 40, Jakarta

JAWAB : 

Varicocele (varikokel) adalah pelebaran pembuluh darah di sekitar testis. Pelebaran ini terjadi melalui 3 derajat, yaitu derajat 1,2, 3. Pelebaran ini tidak selalu menimbulkan rasa sakit, tergantung pada derajatnya.

Pada derajat 3, varikokel cukup besar sehingga pelebaran itu dapat dilihat dari luar tanpa pemeriksaan. Dalam keadaan ini, sebagian orang merasa sakit atau merasa tertekan di bagian itu.

Untuk memastikan apakah Anda mengalami varikokel atau tidak, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis Andrologi. Dengan perabaan dan bila perlu dengan alata bantu, adanya varikokel dapat dipastikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com