"Varicocele" Tidak Harus Sakit

Kompas.com - 28/01/2011, 08:36 WIB
EditorAsep Candra

TANYA  : 

Dengan hormat, Apakah varicocele itu pada umumnya sakit dok? Kalau mau berkonsultasi/ diagnosa untuk memastikan penyebab rasa nyeri apakah terkait dengan varicocele atau ada penyebab lain, maka sebaiknya konsultasi ke Androlog atau ke Urolog atau spesialis apa? Apa metode diagnosa untuk hal itu?

Hardi, 40, Jakarta

JAWAB : 

Varicocele (varikokel) adalah pelebaran pembuluh darah di sekitar testis. Pelebaran ini terjadi melalui 3 derajat, yaitu derajat 1,2, 3. Pelebaran ini tidak selalu menimbulkan rasa sakit, tergantung pada derajatnya.

Pada derajat 3, varikokel cukup besar sehingga pelebaran itu dapat dilihat dari luar tanpa pemeriksaan. Dalam keadaan ini, sebagian orang merasa sakit atau merasa tertekan di bagian itu.

Untuk memastikan apakah Anda mengalami varikokel atau tidak, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis Andrologi. Dengan perabaan dan bila perlu dengan alata bantu, adanya varikokel dapat dipastikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.