Insomnia Termasuk Masalah Kesehatan

Kompas.com - 28/01/2011, 08:45 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Gangguan tidur seperti insomnia disarankan untuk dimasukkan ke dalam masalah kesehatan besar karena insomnia berkolerasi dengan banyak hal. Berbagai riset mengaitkan insomnia dengan kekurangan energi, gangguan konsentrasi dan terganggunya relasi dengan pasangan.

Lama tidur yang ideal adalah 6,5 - 7,5 jam pada malam hari. Kurang atau lebih dari waktu tersebut ternyata bisa berdampak buruk.

Gangguan tidur bisa memicu depresi, menurunnya kekebalan tubuh dan penyakit jantung. Orang yang menderita insomnia beresiko 4 kali lebih besar mengalami gangguan dalam hubungan, 3 kali beresiko merasa depresi dan 3 kali lebih besar mengalami penurunan konsentrasi.

Dr.Dan Robotham, peneliti senior dari Mental Health Foundation mengatakan penderita gangguan tidur bisa terjebak dalam lingkaran setan gangguan kesehatan mental yang memicu terjadinya gangguan tidur yang lebih parah.

"Sangat penting agar tiap orang lebih peduli dan mencari cara efektif untuk memutus lingkaran itu dengan meningkatkan kualitas tidur mereka," kata Robotham.

Para pakar kesehatan di Inggris juga meminta para dokter untuk lebih mengenali gejala-gejala kurang tidur pada pasiennya. Dampak gangguan tidur pada orang dewasa dan anak-anak juga berakibat sama buruknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.