Pisang untuk Sarapan, Sehat Luar dan Dalam

Kompas.com - 28/01/2011, 12:39 WIB
EditorNadia Felicia

KOMPAS.com - Siapa sangka, dalam buah pisang yang begitu banyak ditemui di negara kita terkandung begitu banyak manfaat yang tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk kesehatan jiwa.

Buah pisang mengandung banyak energi, vitamin, dan enzim, seperti sukrosa, glukosa, dan laktosa. Pisang juga memiliki kandungan yang bisa membantu penyembuhan yang direkomendasikan untuk merawat penyakit kardiovaskular dan artritis, untuk normalisasi fungsi sistem saraf. Kandungan yang ada di dalam pisang juga bisa mendorong produksi serotonin, hormon kebahagiaan, yang berfungsi meningkatkan mood dan memberi rasa sehat dan ketenangan.

Sebuah studi yang pernah dilakukan di Argentina meminta para responden wanita untuk memulai hari mereka dengan makan pisang. Dalam tiga bulan, para partisipan melaporkan adanya pengurangan berat badan, meski mereka tidak mencoba mengurangi asupan makanan. Ditemukan, bahwa sarapan dengan pisang membantu kelancaran pencernaan dan sistem kardiovaskular, yang melindungi tubuh wanita dari stres. Buah ini mengandung banyak nutrisi, seperti asam folat, magnesium, vitamin A, vitamin C, dan potasium.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.