Pilih Dessert atau Segelas Wine?

Kompas.com - 02/02/2011, 14:45 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com-  Anggur atau wine banyak direkomendasikan para ahli untuk mencegah berbagai penyakit asalkan tidak dikonsumsi berlebihan. Di negara maju wine sudah menjadi bagian sehari-hari minuman dan dipadukan dengan makanan. Akan tetapi jika Anda diminta memilih antara dessert manis dengan segelas wine tambahan, lebih baik Anda memilih yang pertama.

Meski makanan manis dan berlemak tidak direkomendasikan, namun sebaiknya Anda membatasi konsumsi wine tidak lebih dari satu gelas setiap hari.

"Memang ada bukti asupan moderat alkohol bisa menurunkan risiko penyakit jantung, namun untuk kaum wanita sebaiknya alkohol diibatasi satu gelas sehari," kata JoAnn Manson, kepala pencegahan medis dari Boston's Brigham and Woman Hospital.

Konsumsi alkohol berlebihan juga dituding menjadi biang keladi kanker payudara, meski risikonya kecil. Meski begitu, perlu diingat juga jika kegemukan atau obesitas merupakan faktor risiko kanker payudara, diabetes dan penyakit jantung. Makanya, lebih baik memilih salad buah yang segar daripada sepotong cheesecake.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.