Kenali Nyeri Kepala Tipe Tegang

Kompas.com - 02/02/2011, 15:29 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Pernahkah Anda mengalami rasa nyeri berat yang menekan dahi, kulit kepala, pelipis atau bagian belakang leher dan rasanya kepala seakan diikat ketat? Jika iya maka Anda menderita nyeri kepala tipe tegang (tension-type headhace).

Nyeri kepala tipe tegang boleh dikatakan sebagai jenis nyeri kepala yang paling umum. "Hampir 80 persen pasien yang datang ke klinik biasanya menderita nyeri kepala jenis ini," kata dr.Sandjaja Muljadi, Sp.S, dari departemen neurologi RS Medistra.

Ia menambahkan, secara patologis belum diketahui penyebabnya nyeri kepala ini namun ada beberapa pemicu, seperti stres, depresi, kelelahan dan kecemasan. Meski nyeri kepala ini tidak menimbulkan gangguan kesehatan lain namun kondisi ini bisa jadi pertanda Anda mengalami stres atau depresi.

Nyeri kepala tipe tegang bisa menyerang siapa saja namun lebih banyak muncul pada usia paruh baya. Pada umumnya penyakit ini bisa disembuhkan melalui teknik rileksasi, seperti pijat, mandi air hangat, mendengarkan musik atau meditasi. Cukup berolahraga dan beristirahat juga bermanfaat.

Untuk obat-obatan, menurut dr.Sandjaja obat parasetamol atau aspirin yang dijual bebas sudah cukup menghilangkan nyeri. "Bila nyeri kepalanya berlangsung kronik dokter akan meresepkan obat yang lebih keras seperti obat antidepresan," katanya.

Namun bagaimanapun obat tidak menyembuhkan, justru pemakaian obat penghilang nyeri dalam jangka panjang bisa menimbulkan efek samping. Bila nyeri kepala tipe tegang itu terjadi terus menerus, tubuh Anda mungkin ingin memberi tahun bahwa Anda perlu melakukan perubahan gaya hidup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.