Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Frustrasi karena Libido Tinggi

Kompas.com - 02/02/2011, 16:15 WIB

TANYA :

Halo Prof saya mau bertanya. Saya sering tidak dapat meredam gairah seksual saya. Kekuatan gairah membuat saya frustrasi. Karena setiap gairah timbul, biasanya saya selalu melakukan onani. Setelahnya saya sangat menyesal sekali. Hal inilah yang membuat frustrasi. Saya sih inginnya tidak melakukan hal itu karena saya anggap tidak baik untuk kesehatan. Masalahnya saya tidak bisa mengontrolnya.

Berbagai macam cara telah saya lakukan seperti mendekatkan diri kepada Tuhan dan mencoba menyibukkan diri. Tetapi upaya itu tidak bisa membantu saya. Apakah ada solusi untuk menurunkan gairah seksual untuk orang seperti saya yang masih single dan belum pernah berhubungan seksual.

Ricky MP, 20, Yogyakarta

 

JAWAB :

Ada dua hal yang mesti diluruskan. Pertama, gairah seksual normal dirasakan oleh setiap orang sehat dan normal. Kuat tidaknya tentu tergantung rangsangan yang Anda terima, baik rangsangan psikis maupun fisik. Kedua, tidak benar masturbasi tidak baik bagi kesehatan, walaupun tidak dapat disimpulkan meningkatkan kesehatan.

Namun, dalam keadaan tidak dapat mengontrol ejakulasi, padahal belum menikah, maka masturbasi merupakan salah satu jalan keluar yang tidak berisiko. Untuk mengendalikan dorongan seksual, maka melakukan aktivitas fisik dan mental merupakan cara yang dianjurkan.

Aktivitas psikis antara lain kegiatan berkesenian dan kegiatan yang menggunakan otak. Hal penting juga ialah hindari semua bentuk rangsangan seksual dari luar, baik rangsangan psikis maupun rangsangan fisik.    

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com