Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Aroma Minyak Esensial Sesuai Waktunya

Kompas.com - 04/02/2011, 17:15 WIB

KOMPAS.com - Minyak esensial punya banyak manfaat dan khasiat. Akan lebih maksimal jika pilihan aroma disesuaikan dengan waktu penggunaannya. Jika sudah sesuai aturan, rasakan sendiri manfaat aromaterapi ini sepanjang hari.

Waktu pagi
Sebaiknya pilih minyak esensial beraroma bergamot (buah jeruk golongan citrus), cokelat, rose, dan cemara pada waktu pagi. Dengan memilih aroma ini, pada pagi hari Anda akan lebih bersemangat dan konsentrasi meningkat.

Waktu siang

Pilih aroma green tea, lavender, jeruk, rosemary, patchouli, dan citronella pada waktu siang. Meski sibuk bekerja dan penuh dengan tekanan, aromaterapi ini bisa membantu memperlancar peredaran darah, berefek menyegarkan, dan mengendorkan otot dari kelelahan.

Waktu malam
Chammomile, cendana, samsara, ylang-ylang, yasmin, dan night queen adalah sejumlah aroma minyak esensial yang bisa Anda pilih pada malam hari. Dengan aroma ini Anda bisa mengusir penat, dan merelaksasi. Aromanya yang lembut juga bisa membuat tidur lebih nyaman dan nyeyak.

Sumber: Pusat Teknologi Farmasi dan Medika BPPT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com