Khasiat Cantik Teh Hijau

Kompas.com - 07/02/2011, 14:29 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Berkat kandungan antioksidannya amat tinggi, tak salah jika para produsen produk kecantikan ikut-ikutan memanfaatkan teh hijau untuk mempercantik kulit. Belum ada penelitian yang meneliti manfaatnya secara detail untuk kecantikan namun secara tradisional orang Cina percaya bahwa rajin minum teh hijau baik untuk kecantikan kulit.

Penyegar wajah

Bila sedang memiliki waktu luang, ekstrak teh hijau bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Caranya, rendam 100 gram daun teh dalam setengah liter air mineral di suhu ruang selama satu jam. Saring ke dalam wadah bersih dan masukkan ke dalam botol penyemprot. Simpan di dalam kulkas.

Cairan ini bisa disemprotkan ke wajah sebagai penyegar. Kalau tak ada botol penyemprot, rendam kain katun ke dalamnya lalu peras. Tempelkan kompres ini ke mata yang lelah. Kandungan antiseptik dalam teh hijau juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Bisa juga digunakan untuk menenangkan kulit yang habis terbakar matahari.

Penyegar mulut

Tuang satu cangkir air mendidih pada wadah berisi 100 gram daun teh hijau. Diamkan selama 30 menit. Ambil satu sendok baking soda dan campur dengan cairan teh hijau ini. Gunakan ini sebagai pasta gigi. Pasta gigi teh hijau ini bermanfaat menghilangkan bau mulut dan mencegah datangnya mikroba pembentuk plak gigi.

Masker penyegar

Masker dari teh hijau bermanfaat menghilangkan racun di kulit dan membuat kulit makin halus. Campur satu sendok makan mayones dengan satu sendok makan daun teh hijau. Setelah tercampur, oleskan merata ke seluruh wajah, kecuali daerah mata. Diamkan selama 20 menit. Basuh wajah dan keringkan. Jangan lupa oleskan pelembab di wajah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.