Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Istilah Sperma Encer

Kompas.com - 10/02/2011, 08:08 WIB

TANYA:

Dok, saya mau bertanya. Apa yang harus saya lakukan atau apa yang harus saya konsumsi untuk menghasilkan sperma yang 'berkualitas'? Karena selama ini, saya mengalami masalah dengan sperma yang encer. Apakah yang menyebabkan sperma menjadi encer, mungkinkah ini sebagai gangguan? Mohon penjelasannya, terima kasih.

Tri (34) Jakarta

 

JAWAB:

Saya pikir Anda telah menerima informasi yang salah dari iklan di media massa. Tidak ada istilah sperma encer dalam dunia kedokteran. Dengan demikian, Anda tidak perlu berpikir untuk menghasilkan sperma yang berkualitas. Jadi tidak perlu berpikir apa yang harus dikonsumsi.

Akan tetapi, kalau Anda ingin mengetahui bagaimana keadaan kesuburan Anda, maka Anda dapat memeriksakan sperma melalui analisis secara laboratorium. Dari hasil pemeriksaan dapat diketahui apakah sperma Anda normal atau tidak. Ini berarti, apakah kesuburan Anda baik atau tidak baik.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com