Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

APMB Dukung Pemberian ASI

Kompas.com - 10/02/2011, 17:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Perusahaan Makanan Bayi (APMB) menyatakan dukungan sepenuhnya terhadap kebijakan pemerintah untuk memberikan Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif kepada bayi.

Menurut Direktur Eksekutif APMB, Irawati Susalit, meskipun asosiasinya memproduksi susu formula untuk bayi 0-6 bulan, tetapi di kemasan susu tetap dicantumkan pentingnya  pemberian ASI untuk bayi.

"Di kemasan susunya tetap ditambahkan kode etik pemasaran yaitu dengan tulisan Air Susu Ibu yang terbaik. Kami sangat menghargai dan mendukung pernyataan Ibu Menteri yang juga menekankan mengenai pemberian ASI eksklusif," jelas Irawati di kantor APMB, Kamis (10/2/2011).

Ira menambahkan, melalui tulisan dalam kemasan tersebut Pemerintah dan produsen susu juga memberikan edukasi pentingnya air susu ibu untuk bayi. Umumnya, ASI eksklusif diberikan sampai 6 bulan bahkan 2 tahun. Beberapa ibu memang ada yang memilih susu formula karena alasan kondisi-kondisi tertentu.

"ASI eksklusif sebaiknya diberikan sampai 2 tahun, ada juga yang sampai 6 bulan saja. Namun, ada beberapa ibu yang dengan kondisi tertentu memang memilih memakai susu formula untuk bayinya," kata Irawati.

Terbaik

Pemberian ASI merupakan metode pemberian makan bayi yang terbaik, terutama pada bayi berusia kurang dari 6 bulan, selain juga sangat bermanfaat bagi ibu. ASI mengandung semua zat gizi dan cairan yang dibutuhkan bayi pada tahun-tahun pertama kehidupannya. Tidak ada satu pun susu formula yang dapat menyamai kualitas kandungan yang terdapat dalam ASI.

ASI juga dapat mengurangi risiko infeksi lambung-usus, sembelit, dan alergi.  Bayi yang mendapatkan ASI memiliki kekebalan lebih tinggi terhadap penyakit terutama penyakit-penyakit yang menyerang daya tahan tubuh bayi.

Bayi prematur lebih cepat tumbuh apabila mereka diberikan ASI perah. Komposisi ASI akan teradaptasi sesuai dengan kebutuhan bayi, dan ASI bermanfaat untuk menaikkan berat badan dan menumbuhkan sel otak pada bayi prematur. Melalui kontak mata saat pemberian ASI juga memberikan kedekatan antara ibu dan anak. Bayi merasa aman, nyaman dan terlindungi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com