3 Keunggulan Kondom

Kompas.com - 23/02/2011, 08:09 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Tingkat penggunaan kondom masih rendah. Padahal sebagai alat kontrasepsi kondom memiliki tiga keunggulan dengan tingkat efektivitas tinggi.

Selain pencegahan infeksi menular seksual (IMS), kondom juga bisa dipakai sebagai alat kontrasepsi pencegah kehamilan serta meningkatkan efektivitas metode kontrasepsi lainnya. Seperti diketahui, semua metode KB, bahkan sterilisasi, memiliki tingkat kegagalan. Karena itu dengan memakai kondom efektivitasnya bisa mendekati 100 persen.

"Kami sangat merekomendasikan pemakaian dua metode kontrasepsi untuk memberi perlindungan lebih efektif. Untuk kaum wanita kondom akan memaksimalkan pencegahan kehamilan sekaligus melindungi infeksi penyakit menular seksual," kata Anne Foster-Rosales, dari Planned Parenthood Golden Gate, AS.

Kebanyakan orang yang terinfeksi IMS tidak menyadari dirinya sudah terinfeksi. Karena itu penggunaan kondom saat ini lebih dimaksudkan untuk mengurangi risiko IMS termasuk HIV/AIDS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.