Peregangan Singkat Pereda Cemas

Kompas.com - 26/02/2011, 12:30 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Bicara jurus mengusir stres, kebanyakan ingatan kita akan langsung melayang ke sentuhan tangan pemijat di spa, tidur di kamar yang nyaman atau duduk santai di depan televisi. Padahal, stres bisa datang kapan saja, termasuk di tengah tuntutan pekerjaan. Lakukan tiga jurus sederhana berikut untuk menghilangkan tekanan pikiran Anda.

Saat sedang gugup dan cemas

Cobalah melakukan meditasi sambil berjalan. Berjalanlah empat langkah lalu tarik napas, ulangi selama tiga menit. Tarikan napas dan peregangan tubuh ketika kaki melangkah bisa meredakan kecemasan yang sedang melanda.

Saat butuh waktu sendiri

Untuk memusatkan kembali tubuh dan pikiran, duduklah di lantai dalam posisi yang nyaman dan punggung tegak. Tarik napas perlahan selama tiga detik, lalu dengan lembut buang napas untuk tiga detik berikutnya. Akan membantu jika Anda mengenakan jam tangan. Ulangi kegiatan ini selama tiga menit.

Saat sedang tegang

Duduklah dengan tegak di kursi Anda dengan kedua telapak kaki menyentuh lantai. Tarik napas sambil membungkukkan kepala dan pundak hingga pandangan Anda mencapai lutut. Lalu buang napas sambil tegakkan punggung dan kepala menengadah.

Cara lain, angkat kedua tangan lurus ke atas lalu gerakkan ke kiri selama beberapa detik sambil menarik napas perlahan. Ulangi dengan gerakan ke arah kanan. Lakukan beberapa kali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.