Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan "Daging-Dagingan" pun Enak

Kompas.com - 27/02/2011, 21:54 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Indonesia Vegetarian Society (IVS) Balikpapan punya cara unik mengenalkan menu-menu vegetarian, alias tanpa daging dan telur. Minggu (27/2/2011), bertempat di Balikpapan Super Block (BSB), menu-menu lezat ini disajikan dengan menarik. Cukup membeli tiket Rp 15.000, pengunjung bisa makan sepuasnya memilih aneka hidangan.

Ada sate, dendeng, capcay, paprika isi tahu, bakmi, terong isi, aneka sayur, dan aneka olahan. Uniknya banyak hidangan yang serupa daging, namun tentu saja daging-dagingan, alias daging nabati. Bahan "daging" ini berasal dari gluten, dan olahan kedelai.

Antrean panjang langsung terhampar. Pengunjung mal pun tertarik, walau alasan pertama hanya mencoba. "Menu vegetarian ternyata enak dan variatif," ujar Esti, seorang ibu muda.

Acara makan ini menjadi bagian dalam acara IVS yang bertajuk Talkshow Kesehatan Hidup Sehat dengan Pola makan Vegan. Selain sajian menu vegan, digelar pula lomba menggambar dan mewarnai yang diikuti 130 anak. Kegiatan ini dalam rangka memeringati hari Kanker Sedunia.

Acara intinya sendiri adalah talkshow, menghadirkan dua pembicara. Mereka adalah Susianto, pakar nutrisi yang juga Koordinator International Vegetarian union (IVU) Asia pacific dan Ratu Ayu Dewi (apoteker, pakar nutrisi, dan dosen Universitas Indonesia).

Tren bervegetarian ke depan adalah faktor kesehatan, kata Mulyono, Ketua IVS Balikpapan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com