Makan "Daging-Dagingan" pun Enak

Kompas.com - 27/02/2011, 21:54 WIB
EditorA. Wisnubrata

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Indonesia Vegetarian Society (IVS) Balikpapan punya cara unik mengenalkan menu-menu vegetarian, alias tanpa daging dan telur. Minggu (27/2/2011), bertempat di Balikpapan Super Block (BSB), menu-menu lezat ini disajikan dengan menarik. Cukup membeli tiket Rp 15.000, pengunjung bisa makan sepuasnya memilih aneka hidangan.

Ada sate, dendeng, capcay, paprika isi tahu, bakmi, terong isi, aneka sayur, dan aneka olahan. Uniknya banyak hidangan yang serupa daging, namun tentu saja daging-dagingan, alias daging nabati. Bahan "daging" ini berasal dari gluten, dan olahan kedelai.

Antrean panjang langsung terhampar. Pengunjung mal pun tertarik, walau alasan pertama hanya mencoba. "Menu vegetarian ternyata enak dan variatif," ujar Esti, seorang ibu muda.

Acara makan ini menjadi bagian dalam acara IVS yang bertajuk Talkshow Kesehatan Hidup Sehat dengan Pola makan Vegan. Selain sajian menu vegan, digelar pula lomba menggambar dan mewarnai yang diikuti 130 anak. Kegiatan ini dalam rangka memeringati hari Kanker Sedunia.

Acara intinya sendiri adalah talkshow, menghadirkan dua pembicara. Mereka adalah Susianto, pakar nutrisi yang juga Koordinator International Vegetarian union (IVU) Asia pacific dan Ratu Ayu Dewi (apoteker, pakar nutrisi, dan dosen Universitas Indonesia).

Tren bervegetarian ke depan adalah faktor kesehatan, kata Mulyono, Ketua IVS Balikpapan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.