Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cewek Migren Cenderung Gemuk

Kompas.com - 28/02/2011, 14:51 WIB

Kompas.com- Migren dan kegemukan pada kaum perempuan ternyata saling berkait. Wanita yang menderita migren di usia muda cenderung akan mengalami kegemukan pada usia dewasa.

Penelitian menunjukkan, empat dari 10 anak perempuan yang menderita migren akan mulai mengalami kenaikan berat badan hingga 10 kilogram di usia 18 tahun, dibandingkan tiga dari 10 perempuan yang tak pernah menderita miren.

Para peneliti menyebutkan, migren yang sering menyebabkan mual-mual bisa mengubah pola makan dan juga aktivitas penderita migren. Selain itu, keluhan nyeri kepala juga lebih sering dialami wanita yang kegemukan.

Diperkirakan, satu dari empat wanita obesitas menderita migren. Sementara itu hanya satu dari enam wanita yang bertubuh ideal menderita migren.

"Dibanding dengan wanita yang berat badannya normal, wanita yang kegemukan berisiko dua kali lebih besar menderita migren," kata Michelle A.Williams dari University of Washington di Seattle, AS, yang mempublikasikan studi ini dalam jurnal Headache.

Penelitian yang dilakukan tahun 2009 menemukan, anak-anak obesitas yang mendapatkan pengaturan pola makan untuk penurunan berat badan, lebih jarang menderita gejala migren.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com