Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langsing Berkat Makanan Berair

Kompas.com - 08/03/2011, 11:40 WIB

Kompas.com — Pernahkah Anda mendengar tentang manfaat air untuk menurunkan berat badan? Ternyata hal itu sudah dibuktikan secara ilmiah di Jepang. Mereka yang lebih banyak mengonsumsi makanan berkadar air tinggi, seperti buah dan sayur, lebih cepat menurunkan berat badan plus ukuran pinggang.

Para ahli menduga kadar air dalam makanan tersebut mungkin akan menyebabkan perut terasa lebih kenyang sehingga asupan makanan lain bisa dikurangi. Jika Anda tertarik untuk mencoba strategi ini, tambahkan sayuran dan buah dalam porsi lebih banyak dalam menu Anda.

Berikut adalah sayur dan buah yang memiliki kandungan air hingga 90 persen.

- Brokoli, sayuran ini bukan cuma kaya akan serat, tapi juga mengandung kadar kalsium yang tinggi.

- Daun selada. Dalam 0,5 kilogram daun selada terdapat 60-70 kalori. Sayuran segar ini juga sumber vitamin B, asam folat, serta zat besi.

- Kol, kaya akan antioksidan seperti vitamin C, sayuran yang satu ini bisa menjadi cara yang enak untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

- Kembang kol. Keuntungan lain dari mengonsumsi sayuran ini adalah mengandung fitonutrien pelawan kanker, selain juga kaya akan folat dan vitamin C. Untuk memaksimalkan antioksidan dalam sayuran ini disarankan untuk mengonsumsi dalam kondisi mentah atau kukus sebentar.

- Grapefruit. Buah yang satu ini sangat baik untuk jantung karena mengandung vitamin C, asam folat, potasium, serta pektin. Jenis grapefruit yang berwarna merah dan pink juga mengandung vitamin A dan likopen.

- Bayam. Sayuran hijau ini kaya akan zat besi, vitamin K, asam folat, serta mengandung beta karoten dan vitamin C. Sebagai variasi, gunakan bayam untuk pengganti selada dalam salad.

Baca juga Makin Banyak Gadis Menunda Seks

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com