Tingkatkan Daya Ingat dengan Teh Pegagang

Kompas.com - 09/03/2011, 18:47 WIB
EditorNadia Felicia

KOMPAS.com Supaya jauh dari pikun dan senantiasa memiliki otak yang sehat, coba buat ramuan dari pegagang. Menurut Kampoeng Djamoe Organik milik Martha Tilaar Group, ramuan dari pegagang bisa bantu tingkatkan daya ingat dengan memberi nutrisi yang dibutuhkan, mengatasi pikun, dan memperlancar peredaran darah.

Centella asiatica atau pegagang bisa ditanam dengan stek batang atau dengan merambatkan tanaman di tanah supaya setiap ruas akan keluar akar dan bisa dipotong lalu ditanam. Cara tanam bisa dilakukan di pot atau halaman rumah dengan menggemburkan tanah terlebih dulu, kemudian dicampurkan pupuk kandang atau pupuk kompos organik. Bibit tanaman ditanam dan disiram. Setelah berumur 3 bulan, tanaman dapat dipanen dengan cara dicabut dan dimanfaatkan untuk pembuatan teh atau ramuan lainnya. Lakukan pemupukan selalu dengan pupuk kompos organik setiap tiga bulan sekali atau setelah panen.

Berikut ini resep teh pegagang dari Kampoeng Djamoe Organik:

Bahan:

1,5 g (1 sdt) teh, sebaiknya menggunakan teh hijau bersih
2 g (1 sdm) pegagang kering bersih

Cara pembuatan:

1. Masukkan bahan ke dalam gelas.
2. Seduh dengan 1 cangkir (100 ml) air panas (seperti membuat teh), biarkan 10 menit.
3. Saring dan siap untuk diminum.
4. Lakukan 3 hari sekali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.