Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Libido Menurun?

Kompas.com - 11/03/2011, 10:11 WIB

TANYA: Dokter Wimpie Yth. Saya pria berusia 36 tahun sudah menikah dengan dua anak. Saya akhir-akhir ini mengalami problem menurunnya gairah seksual. Terakhir berhubungan intim dengan istri, ereksi saya pun tidak maksimal. 

Saya tidak yakin, apakah anjloknya gairah ini ada kaitannya dengan kondisi saya yang kurang bugar, akibat stres pekerjaan, atau karena menurunnya kadar hormon testosteron? Apakah ada tanda-tanda nyata menurunnya hormon testosteron dalam tubuh? Adakah cara sederhana meningkatkan kadar testosteron tanpa pengobatan medis? Terima kasih atas jawabannya.

Usman, 36, Bandung

 

JAWAB:

Kalau gairah seksual menurun, tentu saja ereksi terganggu. Ada banyak faktor yang dapat mengakibatkan gairah seksual menurun. Gangguan fungsi berbagai organ tubuh dapat mengakibatkan gairah seksual menurun. Sebagai contoh, gangguan fungsi hati dan berkurangnya kadar hormon testosteron karena penyebab tertentu.

Saya tidak tahu dari mana Anda merasa tidak yakin kalau menurunnya gairah seksual tidak ada kaitan dengan kondisi tubuh Anda. Hanya pemeriksaan yang dapat memberi kepastian mengenai keadaan fungsi tubuh Anda. 

Tetapi, ada beberapa tanda atau keluhan yang muncul akibat kadar hormon testosteron yang menurun, antara lain gairah seksual menurun, ereksi terganggu, kemampuan berolahraga menurun, gemuk di bagian perut, dan emosi labil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com