Memelihara Anjing Lebih Efektif daripada Treadmil

Kompas.com - 15/03/2011, 06:43 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com — Jika Anda sedang mencari alat penunjang olahraga termutakhir, mungkin Anda bisa mempertimbangkan sesuatu yang berkaki empat dan memiliki ekor. "Alat" itu memang bukan mesin, tapi anjing peliharaan.

Beberapa penelitian menunjukkan, memelihara anjing lebih efektif untuk memotivasi seseorang bergerak karena anjing membutuhkan jalan secara berkala. Survei juga mengungkapkan para pemilik anjing lebih rajin berolahraga dibanding yang tidak memelihara.

Pada orang usia lanjut, diketahui mereka lebih rajin untuk beraktivitas fisik saat ditemani "si doggie" dibandingkan jika ditemani manusia.

Dibandingkan dengan manusia, anjing memang lebih konsisten untuk "berolahraga". Dalam penelitian selama 12 minggu terhadap 54 orang usia lanjut yang memiliki anjing, diketahui mereka yang memilih ditemani anjingnya untuk berolahraga lebih rutin melakukannya dibanding yang ditemani orang lain.

"Kita butuh berolahraga, demikian juga anjing Anda. Karena itu memelihara anjing bisa menghilangkan rasa malas Anda untuk bergerak," kata Rebecca A.Johnson, direktur penelitian interaksi manusia dan hewan dari Universitas Missouri College of Veterinary Medicine.

Minggu lalu, para peneliti dari Michigan State University melaporkan, di antara para pemilik anjing yang rutin mengajak peliharaannya itu berjalan-jalan, 60 persennya masuk dalam kategori olahraga skala sedang sampai berat. Mayoritas pemilik anjing itu juga berolahraga 30 menit lima kali dalam seminggu. Sebagai perbandingan, hanya sepertiga dari bukan pemilik anjing yang melakukan olahraga dengan durasi dan intensitas serupa.

Penelitian itu dilakukan dengan mengamati kebiasaan olahraga 5.900 orang di Michigan, termasuk 2.170 pemilik anjing. Mereka menemukan dua pertiga pemilik anjing itu mengajak hewan kesayangannya berjalan-jalan secara rutin, dengan durasi minimal 10 menit.

Anjing memang memiliki perilaku yang unik. "Berjalan-jalan sudah menjadi kebutuhan mereka dan mereka tidak akan meninggalkan Anda kecuali Anda juga ikut berjalan bersama," kata Dr Revees, ahli epidemiologi dari Michigan yang juga pemiliki dua ekor anjing.

Akan tetapi, tidak semua pemilik anjing otomatis jadi rajin berolahraga. Sekitar 40 persen mengatakan, mereka melepaskan anjing mereka di halaman sehingga tidak perlu lagi mengajak hewan peliharaannya itu berjalan-jalan, 10 persen mengatakan menyewa jasa dog walker, dan sisanya menjawab tidak punya waktu untuk berjalan bersama anjingnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.