Makan Keju Mencegah Erosi Gigi

Kompas.com - 15/03/2011, 15:51 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Asyik juga berita satu ini. Salah satu cara terbaik dan termudah untuk melawan erosi asam pada gigi adalah dengan mengonsumsi sepotong keju setiap habis makan. Erosi gigi menimbulkan penipisan pada email gigi, sehingga gigi terlihat menipis dan rapuh.

Keju disarankan untuk dikonsumsi karena mengandung alkali, yang mampu menetralisasi asam yang ditinggalkan oleh makanan. Makanan atau minuman yang mengandung asam ini antara lain minuman bersoda, jus buah, dan makanan manis semacam cake dan biskuit.

Menurut Dr Vida Kolahi, kepala dokter gigi di Cathedral Dental Clinic di Cardiff, Inggris, keju cheddar adalah pilihan terbaik karena kandungan alkalinya tertinggi. Sedangkan keju brie atau feta tak akan banyak berpengaruh. Anda juga tak perlu mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Cukup sepotong kecil saja sesudah makan, untuk memperbaiki kesehatan gigi dengan cepat dan mudah.

Bagi pasien yang mengkhawatirkan noda atau perubahan warna pada gigi, Dr Kolahi punya saran lain. Minumlah segelas besar air putih setelah minum teh, kopi, atau wine.

Tentu saja, keju tidak boleh menggantikan kewajiban menggosok gigi. Hanya saja, keju bisa membantu memberikan hasil dalam sekejap. Anda ingin mencoba?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.