Ketombe Hilang dengan Ramuan Mengkudu dan Nanas

Kompas.com - 15/03/2011, 19:44 WIB
EditorNadia Felicia

KOMPAS.com - Ketombe adalah masalah sel-sel kulit mati di kepala yang menumpuk dan berkelompok secara berlebihan. Normalnya, sel kulit mati di kulit kepala akan terangkat sedikit demi sedikit dan tak terlihat. Namun, kondisi kulit kepala yang bermasalah karena infeksi jamur, menyebabkan iritasi dan sekresi kulit yang berlebihan bisa menyebabkan kulit mati mengumpul dan mengelupas. Kulit kepala yang meradang dan masalah kulit kepala lainnya juga bisa membentuk sisik serta ketombe pada kulit kepala.

Coba atasi dengan cara tradisional jika Anda mengalami masalah ketombe. Berikut ini resep antiketombe menggunakan nanas dari buku Herbal Indonesia Berkhasiat: Bukti Ilmiah dan Cara Racik, keluaran Trubus:

Bahan:
100 cc Air perasan jeruk purut
200 cc Air nanas
100 cc Santan kelapa

Cara pembuatan:
1. Campurkan semua bahan jadi 1.
2. Masukkan dalam wadah tertutup.
3. Gunakan sebagai shampo 3-4 kali seminggu.

Untuk resep dari buah mengkudu, simak resep Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma dalam bukunya, Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit:

Bahan:
2-3 buah Mengkudu matang

Cara pembuatan:
1. Bersihkan buah mengkudu, lalu parut. Tambahkan sedikit air, aduk rata, lalu oleskan pada kulit kepala sambil pijat perlahan.
2. Oleskan lagi hingga merata, biarkan mengering, lalu bilas dengan air hingga bersih.
3. Lakukan 3 kali seminggu hingga gatal dan ketombe menghilang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.