Orang Gemuk Butuh Minum Lebih Banyak

Kompas.com - 18/03/2011, 13:18 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Dibandingkan dengan orang yang berat badannya normal, mereka yang tergolong kegemukan ataupun obesitas membutuhkan asupan air dua gelas lebih banyak. Mengapa demikian?

Pada tubuh orang yang obesitas, air tubuh total lebih rendah karena kandungan air di dalam sel lemaknya lebih rendah daripada kandungan air di sel otot. Ini berarti orang yang obesitas lebih mudah mengalami kekurangan air.

Menurut Dr.dr.Saptawati Bardosono, Sp.GK, ahli gizi klinik, orang obesitas juga butuh air lebih banyak untuk meningkatkan pembakaran lemak (oksidasi).

"Ada penelitian yang menunjukkan bahwa pembakaran lemak butuh senyawa air," papar dokter yang biasa Tati ini di acara media edukasi Peran Air dalam Berbagai Kelompok Usia di Jakarta (18/3/2011).

Kebiasaan mengonsumsi air putih sebelum makan juga efektif untuk memancing rasa kenyang.

"Orang gemuk disarankan minum segelas air sebelum makan supaya lambungnya terisi sehingga asupan makanan bisa dikurangi. Selain itu bila muncul rasa lapar sebelum jam makan, minum air juga bisa menimbulkan rasa kenyang," papar staf pengajar dari Departemen Ilmu Gizi FKUI/RSCM ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.