Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pijat Kepala dan Tips Lain untuk Atasi Rambut Kering

Kompas.com - 19/03/2011, 10:53 WIB

KOMPAS.com - Rambut yang terlalu sering melalui pemrosesan kimiawi bisa timbul masalah, mulai dari kering, rusak, dan tidak sedap dipandang. Hadapi masalah rambut kering dan rusak akibat penataan yang berlebihan dengan tips-tips berikut:

* Hidrasi adalah hal yang paling penting. Jangan sepelekan ritual masker batang rambut. Lakukan perawatan dengan masker rambut seminggu sekali, aplikasikan pada batang rambut, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas. Biarkan produk masker rambut itu menyerap ke dalam batang rambut dan melembutkannya. Untuk hariannya, Anda bisa gunakan kondisioner pada bagian tengah ke ujung bawah rambut, pilih tipe kondisioner yang sesuai kondisi rambut. Ini akan membantu mengurangi masalah ujung rambut bercabang, perubahan warna, serta rambut rusak akibat panas alat penataan rambut.

* Pijat kepala saat Anda membersihkan rambut dengan shampo juga bisa membantu mengalirkan sirkulasi darah di kepala dan menstimulasi kelenjar minyak. Jauhi produk-produk rambut yang mengandung alkohol dalam jumlah tinggi karena bisa menambah parah kekeringan.

* Hindari penataan rambut yang terlalu kencang, seperti ikat rambut, gelung, atau kepang yang terlalu kencang. Ikatan yang longgar dan aksesori rambut yang tak menyakitkan juga bisa membantu mencegah kerusakan pada rambut.

* Lakukan semua upaya penataan rambut selembut mungkin. Saat rambut dalam keadaan lembap, rambut lebih rentan rusak, jadi kurangi kebiasaan menggosok, menyisir, maupun menggelung rambut yang sedang dalam keadaan basah. Gunakan sisir bergigi jarang untuk melepaskan rambut yang terbelit.

* Sebelum penataan, pastikan Anda memberikan proteksi. Aplikasikan serum pelindung dari panas pada rambut sebelum ditata maupun sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari. Saat menggunakan pengering rambut, gunakan level terendah untuk meminimalisir efek kerusakan dan kekeringan pada rambut.

* Potong bagian ujung rambut setiap 6-8 minggu untuk mengurangi efek dan masalah ujung rambut bercabang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com