Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Sulung Cenderung Alergi

Kompas.com - 21/03/2011, 15:22 WIB

Kompas.com - Selain dipengaruhi faktor lingkungan, ternyata urutan kelahiran juga memengaruhi risiko alergi. Anak-anak sulung cenderung menderita beberapa jenis alergi, seperti alergi makanan dan rhinitis, dibandingkan anak yang lahir di urutan ke dua dan seterusnya.

"Selama ini sudah diketahui anak yang lahir di urutan kedua dan seterusnya memiliki risiko alergi lebih kecil dibanding kakaknya. Namun ternyata tiap jenis alergi prosentasenya risikonya berbeda," kata Dr.Takashi Kusunoki dari departemen kesehatan anak di Shiga Medical Center for Children, Universitas Kyoto.

Dalam riset yang dilaporkan di jurnal American Academy of Allergy, Asthma & Immunology, ia mengungkapan, risiko alergi makanan pada anak sulung mencapai 4 persen. Pada anak kedua risikonya turun menjadi 3,5 persen dan turun pada anak ketiga menjadi 2,6 persen.

Penelitian dilakukan berdasarkan survei terhadap orangtua 13.000 anak berusia 7-15 tahun. Tetapi urutan kelahiran tersebut ternyata tidak berpengaruh pada prevalensi asma atau eksim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com