Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semangat Yuliana Melawan Kanker Usus

Kompas.com - 24/03/2011, 16:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Apa yang terlintas dalam benak Anda saat mendengar kata kanker? Sudah pasti yang terbayang adalah sesuatu menakutkan dan berharap penyakit menyeramkan itu tak pernah terjadi pada Anda atau orang Anda sayangi.

Yuliana, seorang nenek yang memiliki satu anak ini, adalah salah satu di antara sekian banyak orang yang tak pernah menyangka bahwa dirinya akan terkena kanker.

Ya, semua berawal dari ketidaktahuannya tentang penyakit yang dia derita. Wanita berusia 57 tahun ini sempat mengalami pergulatan batin yang cukup berat menghadapi sakit yang menyerangnya. Tanpa disangka, ia divonis kanker kolorektal atau lebih dikenal dengan sebutan kanker usus besar.

Kolorektal merupakan kanker terbesar ketiga di dunia dalam hal jumlah penderita dan menjadi kanker nomor dua dalam menyebabkan kematian. Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 700.000 orang meninggal setiap tahun akibat kanker ini, yang berarti juga 200 orang meninggal setiap hari.

Dikira wasir

Yuliana berkisah, awalnya ia tak pernah merasakan ada suatu kejanggalan pada dirinya. Sampai akhirnya, ia merasakan sakit pada perut dan mengeluarkan darah ketika buang air besar.

Yuliana pun memutuskan segera berobat ke dokter, tetapi sesampai di sana pihak dokter merujuk Yuliana untuk berobat di salah satu rumah sakit swasta. Di rumah sakit itu, Yuliana dibawa ke bagian penyakit dalam dan dokter setempat mengklaim dia menderita wasir.

Hampir setengah tahun berjalan, tepatnya pada tahun 1995, Yuliana belum tahu bahwa dirinya terjangkit kanker usus besar. Karena yang dia tahu, sakit yang dideritanya sebatas masalah buang air besar.

Pada 1996, Yuliana akhirnya divonis dokter untuk dioperasi karena penyakit wasirnya. Meski begitu, Yuliana tetap tidak mau dioperasi. Sampai akhirnya dia memutuskan berobat ke salah satu rumah sakit swasta di Kelapa Gading.

Di sanalah kebenaran akan penyakitnya terkuak. Setelah dilakukan pemeriksaan biopsi, barulah ketahuan dirinya ternyata terkena kanker kolorektal. Parahnya, kanker yang diderita Yuliana ternyata sudah pada stadium II.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com