Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasa Gatal Bisa Menular?

Kompas.com - 26/03/2011, 07:26 WIB

Kompas.com - Rasa gatal, seperti halnya menguap, mungkin bisa menular karena seseorang yang melihat orang lain menggaruk bagian tubuh yang gatal juga akan merasakan sensasi gatal. Demikian menurut studi terbaru yang dimuat dalam British Journal of Dermatology.

"Sejauh ini ada kemungkinan jaringan syaraf atau mekanisme di balik rasa gatal yang menular serupa dengan mekanisme menguap yang juga menular. Fenomena itu sampai saat ini masih terus dikaji," kata salah satu peneliti Gil Yosipovitch, ahli dermatologi.

Dalam penelitiannya ia melibatkan 14 orang sehat dan 11 orang yang menderita dermatitis atopik, peradangan pada kulit yang menyebabkan rasa gatal dan kulit memerah.

Para partisipan studi ini diberikan histamin, zat kimia yang menyebabkan gatal, atau pun saline, zat yang tidak menimbulkan gatal, yang diaplikasikan di bagian lengan. Histamin pada responden yang menderita atopik dermatitis diaplikasikan di area kulit yang tidak menderita ruam.

Seluruh partisipan dimonitor selama mereka menonton video singkat tentang orang yang sedang menggaruk kulit atau sedang bersantai.

Partisipan dari kelompok atopik dermatitis mengaku timbul sensasi gatal yang meningkat saat melihat video orang yang sedang menggaruk.

Walau begitu dari hasil penelitian awal ini belum bisa disimpulkan apakah rasa gatal itu memang menular.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com