Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membawa Bayi Naik Pesawat

Kompas.com - 29/03/2011, 12:55 WIB

TANYA:

Salam pak dokter, anak saya sekarang umur tujuh minggu, karena cuti melahirkan ibunya segera akan berakhir, terpaksa harus kembali ke Jakarta dengan naik pesawat. Apakah perubahan tekanan dalam kabin pesawat nanti mempunyai efek yang berbahaya bagi anak saya?

Mulai umur berapa seorang anak dianggap aman untuk naik pesawat? Apakah ada cara-cara tertentu yang dapat saya lakukan untuk mengurangi efek tersebut? Demikian pertanyaan saya, atas perhatian dan bantuan Dokter saya ucapkan terima kasih.

Marojahan, Balikpapan

JAWAB :

Perubahan tekanan udara yang terjadi saat naik pesawat terbang akan mempengaruhi fungsi organ tubuh manusia terutama telinga. Perubahan tekanan udara yang mendadak akan menyebabkan penyempitan rongga telinga bagian dalam sehingga seringkali kita harus melakukan gerakan menelan air ludah atau mengunyah sesuatu untuk mempertahankan rongga tersebut agar tetap terbuka, pada bayi atau anak yang lebih besar biasanya mereka dianjurkan untuk minum/menyusu atau memakan sesuatu.

Bila rongga tersebut tetap tertutup misalkan karena sesuatu sebab seperti sedang menderita batuk pilek, maka akan terasa sakit sekali. Faktor lain adalah dengan bepergian menggunakan fasilitas umum seperti pesawat udara maka ia akan lebih terpapar oleh segala bentuk transmisi/penularan penyakit terutama yang menyebar melalui udara (airborne disease). Hal ini perlu menjadi perhatian bagi orangtua.

Sebenarnya tidak ada batasan yang baku untuk usia berapa seorang bayi dapat melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang dan tiap maskapai penerbangan memiliki persyaratan tertentu mengenai usia bayi minimal. Sebaiknya setelah usia 2-3 bulan seorang bayi dapat memulai perjalanan melalui pesawat terbang, dimana daya tahan tubuhnya mulai berkembang lebih baik, dan respon terhadap lingkungan baru lebih baik.

Yang perlu diperhatikan adalah usahakan agar bayi merasa nyaman, ceria dan kenyang selama penerbangan sehingga ia melalui pengalaman pertamanya tersebut dengan baik. Dan hindari bepergian melalui udara apabila sedang menderita infeksi saluran napas akut seperti sedang batuk pilek, radang telinga dan kondisi sakit lainnya yang menyebabkan rasa tidk nyaman yang berlebih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com