Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik pada Orang Tua, Penyimpangan Seks?

Kompas.com - 31/03/2011, 09:42 WIB

TANYA:

Dokter Wimpie, saya seorang pria berusia 33 tahun. Selama ini saya lebih suka/selalu ingin dekat bila melihat seorang bapak-bapak. Bahkan, saya kadang merasa terangsang bila melihat bapak-bapak dengan wajah tertentu, misalnya berkumis, bentuk hidung, dan hal lain yang saya suka. Dan anehnya, secara otomatis di pikiran saya terlintas pemikiran tentang seks terhadap bapak-bapak yang saya lihat itu.

Padahal, kalau melihat seorang pria yang masih berusia muda, saya merasa biasa-biasa saja. Dan jujur saja, saya merasa kurang tertarik terhadap lawan jenis saya. Yang menjadi pertanyaan saya adalah apa yang sebenarnya terjadi dalam diri saya? Apakah saya masuk kategori seorang homoseksual? Mohon penjelasannya? Ke mana saya harus berkonsultasi? Terima kasih.

Suparman (33), Ngawi, Jawa Timur

 

JAWAB:

Kalau benar Anda tidak tertarik sama sekali kepada lawan jenis, tetapi tertarik kepada sesama jenis, Anda tergolong pria homoseksual. Namun, kalau kelompok pria yang Anda sukai adalah pria yang jauh lebih tua, diperlukan informasi lebih jauh.

Ketertarikan secara seksual kepada orang yang jauh lebih tua mungkin menunjukkan adanya deviasi seksual yang disebut gerontophilia. Dalam hal ini, sama sekali tidak ada ketertarikan kepada orang yang lebih sebaya. Tetapi, mungkin juga ketertarikan itu hanya karena orang yang lebih tua lebih mampu melindungi.

Untuk memastikan apa yang sebenarnya Anda alami, diperlukan konsultasi lebih jauh. Anda dapat berkonsultasi dengan ahli seksologi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com