Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Mengukur Kebahagiaan Hubungan

Kompas.com - 01/04/2011, 15:48 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah aktivitas bisa Anda rancang bersama pasangan untuk mengetes hubungan. Anda bisa mengukur sejauhmana hubungan berpasangan tersebut sehat, bahagia, atau tahan lama.

1. Lakukan perjalanan bersama
Melakukan perjalanan bersama pasangan membantu Anda mengetes hubungan. Saat melakukan perjalanan selama beberapa jam berdua, Anda dan pasangan memiliki waktu luang yang panjang. Jika Anda bisa menikmati waktu bersama pasangan, ini pertanda baik. Anda bisa saling memahami, atau sebaliknya, tak menyenangi pasangan dari perjalanan ini. Pilihan musik untuk menemani perjalanan menjadi alat ukurnya. Bisa atau tidaknya Anda atau pasangan saling berkompromi dengan pilihan musik masing-masing, menjadi alat ukurnya. Saat berkendara, kekompakan Anda dan pasangan juga bisa dinilai dari cara menunjukkan arah menuju destinasi yang sudah dipilih. Berbagai keputusan yang dibuat saat melakukan perjalanan juga bisa menjadi ukuran sejauhmana kekompakan pasangan dan kebahagiaan hubungan.

2. Lakukan permainan 20 pertanyaan
Ambil 20 potongan kertas, dua pulpen, dan mangkuk atau topi. Anda dan pasangan, masing-masing menuliskan 10 pertanyaan yang ingin diketahui dari satu sama lain. Pertanyaan yang diajukan terkait soal nilai yang dianut, misalnya pendapatnya tentang perselingkuhan, termasuk soal rencana pasangan ke depan. Contohnya, apakah pasangan punya rencana tinggal di kota atau negara lain.

Pertanyaan seputar nilai, rencana, dan pribadi masing-masing ini kemudian dimasukkan ke dalam topi atau mangkuk. Secara bergantian, Anda dan pasangan mengambil satu per satu pertanyaan tersebut. Bacakan isi pertanyaan dari kertas yang diambil tersebut. Baik Anda dan pasangan perlu menjawab dari setiap pertanyaan yang diajukan. Melalui permainan ini, Anda dan pasangan bisa saling memahami karakter satu sama lain.

3. Kenali masalah pasangan melalui hubungan seks
Nah, bagi pasangan menikah, Anda bisa mengetes kebahagiaan atau sejauhmana hubungan masih sehat dari hubungan seks. Bagaimanapun seks memengaruhi kualitas hubungan. Anda dan pasangan akan merasa lebih mesra melalui hubungan seks yang bergairah. Bicara soal seks tak hanya mengenai praktiknya. Anda dan pasangan juga perlu membicarakannya. Saat hubungan seks mulai terasa hambar, kenali masalahnya, cari sebabnya, dan temukan solusinya bersama. Anda dan suami perlu terbuka membicarakan seks agar hubungan pernikahan lebih bahagia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com