Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Ada Puber Kedua?

Kompas.com - 06/04/2011, 16:48 WIB

Kompas.com - Perubahan sikap dan perilaku seorang pria dewasa yang mulai memasuki usia paruh baya sering dikaitkan dengan masa puber kedua. Benarkah dalam rentang hidupnya seorang lelaki mengalami dua kali masa puber?

Pubertas adalah masa transisi dari anak-anak menjadi dewasa yang ditandai dengan perubahan fisik dan psikologis. Secara fisik, hal ini terkait dengan kematangan seksual. Sementara itu, pada orang dewasa, istilah puber kedua lebih dikatikan dengan perkembangan psikologis.

"Biasanya di usia ini mulai mengalami penurunan hormon sehingga takut menjadi tua. Akibatnya mereka jadi lebih memperhatikan penampilannya, mungkin mirip dengan perilaku remaja berusia 17-20 tahun," kata dr.Aditya Suryansyah, Sp.A di sela peluncuran buku Panik Saat Puber? Say No, di Jakarta, Rabu (6/4/2011).

Keengganan memasuki masa tua ini juga memunculkan perilaku yang berkaitan dengan sikap romantisme dan minat psikoseksual kepada lawan jenis. Meski demikian, dari sisi medis, sebenarnya tidak ada masa puber kedua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com