Bolehkah Latihan Pilates Tanpa Instruktur?

Kompas.com - 08/04/2011, 09:35 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - "Apakah kita boleh melakukan latihan Pilates sendiri di rumah, tanpa pengawasan ahli atau instruktur? Saya ingin mencoba olahraga ini, tapi sering tak punya waktu untuk datang ke studio Pilates." (Rania Adisti, via e-mail)

Menurut Felicita Pingkan, instruktur Pilates di Golds Gym, Mall of Indonesia, Jakarta, Pilates dapat dilakukan sendiri di rumah hanya bila kita sudah paham benar berbagai gerakannya. Gerakan yang dilatih sendiri dengan tepat, akan memberikan manfaat bagi tubuh. Namun bila penerapannya tidak tepat, justru bisa berbahaya dan menimbulkan cedera.

Beberapa gerakan dasar yang bisa dilakukan sendiri misalnya, pernafasan diafragma, latihan postur berdiri, latihan duduk sesuai ergonomik, dan standing roll down. Namun, tetap saja awalnya kita harus memelajari semua gerakan itu bersama instruktur. Peran instruktur sangat penting, antara lain ia akan menganalisis kondisi tubuh Anda terlebih dahulu. Setelah itu, barulah mereka mengajari Anda untuk melakukan gerakan-gerakan yang sesuai dan mengoreksi postur yang salah.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.