Makanan Asin yang Bikin Tenang

Kompas.com - 08/04/2011, 11:47 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Ngemil kentang goreng atau keripik kentang yang sedikit asin sering menjadi pelarian rasa bosan atau stres di kantor. Ternyata kebiasaan tersebut banyak manfaatnya untuk memperbaiki mood.

Penelitian menunjukkan bahwa dengan meningkatkan kadar garam dalam tubuh, level hormon stres akan berkurang dan kadar oksitosin, hormon yang berkaitan dengan cinta dan kelekatan emosi meningkat. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap tikus membuktikannya.

Bagaimana respon tikus terhadap stres yang dialaminya sangat tergantung pada kadar garam dalam tubuh mereka. Ketika tikus-tikus tersebut dikekang tali, tikus yang kadar garamnya paling tinggi, bagian otak yang merespon stres tidak aktif dibandingkan dengan tikus yang kadar garamnya normal.

Selain hormon stresnya berkurang, hormon oksitosinnya meningkat. Tikus yang kadar oksitosinnya tinggi terlihat lebih tenang dalam melakukan interaksi sosial.

Sebenarnya penambahan garam ini juga sering dilakukan oleh bartender ke dalam minuman. Walaupun tujuannya adalah untuk membuat Anda merasa haus, tanpa disadari bermanfaat untuk mengurangi stres.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.