Stres Memicu Bau Badan?

Kompas.com - 09/04/2011, 09:41 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Tubuh yang segar dan bersih merupakan salah satu modal untuk tampil percaya diri. Itu sebabnya jika tubuh mengeluarkan bau tak sedap rasa percaya diri pun bisa lenyap. Masalah bau badan akibat keringat dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, misalnya stres.

Secara tidak langsung stres memang berkontribusi pada terjadinya bau badan. Dalam keadaan stres tubuh menggunakan kelenjar keringat yang berbeda dengan kelenjar yang dipakai saat kita beraktivitas.

Rasa cemas dan perasaan tertekan akan merangsang kelenjar di ketiak, selangkangan, kulit kepala, telapak tangan dan kaki. Berbeda dengan keringat asin yang membasahi tubuh ketika suhu tubuh perlu diturunkan, keringat saat kita sedang stres mengandung lemak yang merupakan makanan bakteri.

Keringat pada dasarnya tidak berbau, tapi bakteri di kulit dan pakaian berkembang biak, mulailah terjadi proses pembusukan sehingga timbul bau tak sedap.

Solusinya? Biasakan menjalani segala sesuatu dengan rileks. Selain itu, kurangi jumlah bakteri di tubuh dengan mandi secara teratur dan menggunakan pakaian bersih. Gunakan deodoran anti bakteri yang tidak cuma menghilangkan bau tapi juga membuat kulit lebih asam sehingga tidak disukai bakteri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.