Uji Klinik Obat untuk Obesitas Menjanjikan

Kompas.com - 11/04/2011, 16:41 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Sebentar lagi, menguruskan badan akan semudah menelan sebutir pil karena dua jenis obat untuk obesitas menunjukkan hasil uji klinik yang menjanjikan.

Dalam penelitian, kombinasi dua jenis obat obesitas yang sudah lama di pasaran, yakni Phentermine dan topiramate, menunjukkan hasil dua kali lebih efektif dari obat orlistat yang banyak direkomendasi para dokter.

Dibandingkan dengan orlistat, kombinasi obat phentermine dan topiramate ini memiliki manfaat lebih yakni meningkatkan indikator seperti gula darah, tekanan darah, kolesterol serta inflamasi.

Topiramate sendiri  merupakan obat yang diresepkan dokter untuk mengatasi migren dan kelainan saraf. Obat ini juga menunjukkan hasil efektif untuk penurunan berat badan pasien obesitas yang menderita diabetes tipe 2. Tetapi jika obat ini dikonsumsi sendiri bisa menimbulkan efk samping gangguan psikiatri.

Ketika obat ini dikonsumsi dalam dosis rendah dan dikombinasikan dengan obat lain ternyata efek samping itu bisa dikurangi. Untuk mengetahui kemampuan obat ini mengatasi obesitas, tim peneliti dari Amerika melakukan penelitian selama 20 bulan terhadap 2.500 orang yang kegemukan dan memiliki sedikitnya dua gejala penyakit.

Pasien kemudian dibagi dalam 3 kelompok yang masing-masing menerima dosis obat yang berbeda. Pada kelompok ketiga diberikan obat plasebo.

Setelah 56 minggu, pasien yang diberikan dosis kombinasi phenteramine dan topiramet dosis rendah mengalami penurunan berat badan hingga 8,1 kg, sementara kelompok dosisi tinggi berat badannya susut hingga 10,2 kg. Sedangkan pasien dari kelompok pasien hanya turun 1,4 kg. Penelitian lebih lanjut akan dilakukan untuk menguji efektivitas dan keamanan obat-obatan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.