Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Mengidap TB Disarankan Makan Ikan

Kompas.com - 13/04/2011, 10:52 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Asupan makanan bergizi sangat penting artinya bagi pertumbuhan seorang anak, terlebih bagi mereka yang menderita penyakit tuberkulosis (TB). Jumlah asupan makanan yang dibutuhkan pasien TB anak-anak biasanya lebih banyak ketimbang mereka yang tidak mengidapnya.

Menurut ahli gizi dari di RSUP Persahabatan, Endang Taat Uji H, SKM, M.Kes, berbagai penelitian menunjukan adanya hubungan antara status gizi dengan tuberkulosis. Di samping pengobatan teratur, nutrisi juga  memegang peranan penting sebagai salah satu keberhasilan terapi pasien TB anak-anak.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, penderita TB sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan secara bertahap dengan porsi kecil namun sering. Mengapa harus bertahap? Pasalnya, akibat efek samping obat-obatan yang diberikan, pasien TB biasanya akan merasakan mual dan ingin muntah, sehingga pemberian makanan harus dilakukan secara bertahap.

Banyak di sini, jelas Endang, mengandung arti bahwa makanan yang dikonsumsi haruslah yang bernilai kalori tinggi dan dari jenis protein hewani. Menurut Endang, bagi anak penderita TB, jumlah rata-rata nilai kalori dan protein yang dibutuhkan dalam sehari tergantung dari usia dan berat badan si anak serta penyakit yang diidapnya.

Sedangkan untuk pasien TB dewasa, jumlah rata-rata kalori yang dibutuhkan dalam sehari mencapai 2.500-3000 dengan kebutuhan protein per harinya mencapai 100-125 gram.

Protein yang diutamakan adalah yang memiliki nilai biologis tinggi, yang berasal dari hewani. "Kenapa harus dari hewani? Karena protein hewani lebih mudah diserap oleh tubuh, dan stukturnya menyerupai manusia," tambahnya.

Pasien  TB anak-anak, lanjut Endang, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ikan. Karena, pada ikan terkandung kadar asam lemak Omega 3 yang tinggi.

"Omega 3 itu, selain dia bisa untuk pertumbuhan otak, juga membantu meningkatkan imunitas tubuh dari penderita TB," ungkap Endang, dalam talkshow bertema 'Waspadai TB di Sekitar Anda', di Jakarta Selasa, (12/4/2011).

Dari beberapa literatur dikatakan, ikan yang berasal dari laut yang paling dalam, biasanya mengandung kadar Omega 3 yang jauh lebih banyak. "Ikan yang mirip-mirip, ya seperti ikan kembung dan salmon. Oke lah kita menggunakan ikan kembung saja, yang tidak terlalu mahal dan ada di mana-mana," serunya. 

Bagi pasien penderita Tuberkulosis, tidak ada pantangan terhadap makanan tertentu. Namun, bukan berarti penderita TB bisa seenaknya makan sembarangan.  Endang mengungkapkan, penderita TB dianjurkan membatasi makanan yang dapat merangsang gangguan pencernaan, seperti makanan pedas dan asam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com