Kalau Istri Menolak Variasi Posisi

Kompas.com - 22/04/2011, 14:26 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Prof Wimpie Yth.  Saya merasa istri saya kurang fleksibel dengan posisi saat berhubungan intim.  Dia keberatan apabila diminta melakukan seks dengan posisi-posisi tertentu dengan alasan tidak nyaman.  Padahal saya ingin mencari variasi supaya tidak merasa bosan.  Apa yang harus saya lakukan supaya istri mau melakukan posisi yang saya inginkan?

Candra, 29, Bandung  

 

JAWAB :     

Melakukan variasi posisi hubungan seksual boleh saja asal memenuhi tiga syarat berikut. Pertama, dikehendaki bersama. Kedua, menyenangkan kedua pihak. Ketiga, tidak menimbulkan akibat buruk, baik fisik maupun psikis.

Kalau istri merasa kurang nyaman dengan posisi tertentu, jangan dipaksa karena dapat menimbulkan akibat buruk. Anda perlu mengetahui apa alasannya. Misalnya, kalau dengan posisi di atas istri merasa terlalu capek, maka Anda harus memahami. Cobalah posisi lain yang dia lebih suka. Tetapi bukan tidak mungkin penolakannya melakukan vaiasi posisi disebabkan karena ketidakmengertiannya.

Untuk mengatasi ini tentu diperlukan informasi dan komunkasi yang baik. Dengan mengerti, maka sikapnya mungkin saja berubah dan mau melakukan variasi. Yang penting ketiga syarat di atas terpenuhi.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X