Nyeri Perut Bagian Bawah

Kompas.com - 27/04/2011, 16:20 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA

Saya seorang ibu mempunyai 3 anak dan sudah lama saya merasakan sakit di bagian bawah perut saya tetapi kadang rasa sakitnya hilang nanti kambuh lagi.   Bulan februari kemarin saya perut saya sakit sekali sampai akhirnya saya urut karena takut turun bero, tetapi setelah di urut malah tambah sakit sampai saya ke dokter umum dan didiagnosis infeksi saluran kencing. Setelah saya minum obat selama seminggu rasa sakit itu hilang tetapi saya dapet mens yang luar biasa banyak  dan terasa sakit perut.   Sampai sekarang sakit di perut saya masih terasa bahkan sampai ke pinggang terasa panas juga pada alat kemaluan saya terasa panas. Yang saya ingin tanyakan apa yang saya harus lakukan dok? Sebaiknya saya periksa ke dokter apa?   Andriana (32), Bogor

JAWAB

Dari keterangan yg ibu berikan, ibu menderita infeksi saluran kencing. Walaupun nyeri pada organ di daerah perut bawah bisa juga disebabkan oleh usus buntu, infeksi usus besar atau infeksi kandungan. Menurut saya, sebaiknya ibu periksa ke dokter kandungan untuk diperiksa organ kandungannya. Ibu juga sebaiknya kontrol ke bagian penyakit dalam. Karena ada kemungkinan infeksi saluran kencing, untuk sementara ini upayakan untuk banyak minum. Demikian jawaban saya. Terima kasih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.