Alergi Susu Sapi Dapat Dihindari

Kompas.com - 28/04/2011, 03:12 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Alergi susu sapi dapat dihindari. Salah satu cara, menghindari faktor pemicu dan memberikan air susu ibu.

Hal itu terungkap dalam media edukasi bertajuk ”Alergi Susu Sapi Bukan Penghalang Pertumbuhan Anak”, Rabu (27/4) di Jakarta.

Zakiudin Munasir dari Divisi Alergi Imunologi, Bagian Ilmu Kesehatan Anak FKUI/RSUPN Cipto Mangunkusumo mengatakan, alergi susu sapi terjadi jika kekebalan tubuh bereaksi terhadap protein dalam susu sapi. Zat antibodi immunoglobulin E (IgE)

sensitif terhadap zat spesifik. Sebagian anak sensitif terhadap protein dalam susu sapi. ”Komponen protein pada susu sapi yang sering menimbulkan reaksi alergi adalah beta-lactoglobulin,” katanya.

Protein itu memicu terbentuknya zat antibodi. Terlebih, saluran pencernaan anak belum berfungsi sempurna. Reaksi kekebalan tubuh, antara lain pelepasan histamin, zat yang menimbulkan berbagai reaksi alergi pada tubuh seperti kulit kemerahan, gatal, bengkak, dan eksim. Anak mengalami diare disertai darah, muntah, sakit perut, batuk pilek berulang, sesak napas, dan asma. Seiring bertambahnya usia, pencernaan dan kekebalan tubuh anak bertambah kuat. Alergi susu sapi umumnya hilang pada usia 1-3 tahun. Pada sedikit kasus alergi menetap lebih lama.

Dokter spesialis anak Atilla Dewanti mengatakan, anak dengan alergi susu sapi sebaiknya diberi ASI yang merupakan nutrisi terbaik bagi bayi. ASI akan berefek positif terhadap sistem kekebalan tubuh anak. Jika ibu tidak dapat memberikan ASI karena suatu hal, dapat diberikan susu pengganti, misalnya susu berbahan dasar nabati. Alternatif lainnya ialah susu yang komponen proteinnya sudah dihidrolisis (dipecah). (INE)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.