Kenali Gejala Alergi Susu Sapi

Kompas.com - 28/04/2011, 09:20 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com — Gejala alergi susu sapi tidak selalu sama seperti gejala alergi lain. Bahkan terkadang orangtua tidak sadar bahwa anaknya menderita alergi susu sapi.

Hal tersebut juga dialami presenter Ersa Mayori (31) saat mendapati anak keduanya, Talula Malaika (3), sering menderita sakit. "Setelah lepas dari ASI pada usia 1,3 bulan, Talula sering sekali batuk pilek, sudah diobati kumat lagi," katanya.

Pada mulanya Ersa tidak sadar kalau batuk pilek berulang yang dialami buah hatinya itu merupakan tanda alergi. "Saya baru tahu setelah gejalanya makin ekstrem, yakni di tinjanya ada darah tetapi ia terlihat sehat-sehat saja," kata ibu dua anak itu.

Baru setelah dikonsultasikan ke dokter dan dilakukan tes alergi, terungkap bahwa sebenarnya Talula menderita alergi susu sapi.

Menurut penjelasan dr Zakiudin Munasir SpA(K), gejala alergi susu sapi memang sangat beragam, tergantung organ tubuh bagian mana yang bereaksi.

"Jika mengenai kulit, akan timbul gejala kulit kemerahan, gatal, atau bengkak. Jika yang terkena pencernaan, biasanya anak bisa muntah, diare, atau tinjanya bercampur darah," katanya.

Alergi susu sapi juga bisa menyebabkan anak mengalami batuk dan pilek atau gejala asma. Hal ini terjadi jika alerginya terjadi pada saluran napas.

Gejala alergi susu sapi juga tidak akan seketika muncul setelah anak minum susu sapi. "Paling cepat seminggu setelah ia mengonsumsi susu sapi gejala-gejala tadi terlihat," katanya dalam acara seminar "Alergi Susu Sapi Bukan Penghalang Pertumbuhan Anak" yang digelar oleh Abbot Nutrition di Jakarta, Selasa (26/4/2011).

Alergi susu sapi ini biasanya akan menghilang sebelum anak berusia tiga tahun, meski ada juga yang menetap sampai anak beranjak praremaja.

"Anak yang menderita alergi susu sapi, baik itu yang derajat ringan atau sedang, sebaiknya menghindari produk makanan yang berbahan susu agar alerginya tidak menjadi berat," tambahnya.

Kemudian secara bertahap anak mulai diperkenalkan pada susu sapi untuk mengetahui daya tahannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.