Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Jenis Alergi Aneh

Kompas.com - 02/05/2011, 10:54 WIB

KOMPAS.com - Alergi debu, biasa. Alergi bulu anjing, sering ditemui penderitanya. Tapi alergi air? Masih ada alergi-alergi terhadap hal-hal yang mungkin tak pernah terpikirkan. Apa saja? Inilah beberapa di antaranya.

1. Air

Alergi terhadap air disebut Aquagenic Urticaria. Penderitanya sangat jarang. Gejalanya, penderita akan merasa gatal-gatal, muncul tanda-tanda, serta luka di bagian kulit yang terkena air. Alergi ini berbahaya mengingat air adalah salah satu materi yang melimpah--terlepas dari masalah sulitnya akses ke air bersih.

Ahli medis belum mengetahui penyebab alergi air. Tapi, mereka menyadari bahwa histamin, yang menyebabkan banyak alergi, tidak dapat dijadikan alasan karena penderita alergi air tidak membaik ketika diberi antihistamin. Tebakan terbaik mereka: penderita alergi air mungkin bereaksi terhadap zat tambahan dalam cairan tersebut.

2. Ponsel

Materi pembuat ponsel mengandung nikel, suatu bahan yang dapat menyebabkan alergi pada banyak orang. Selain itu, radiasi, elektromagnet, dan gelombang mikro dapat memici reaksi alergi pada orang berkulit sensitif.

3. Sinar Matahari

Bak vampir, penderita photo uticaria (alergi sinar matahari), tidak dapat terkena sinar matahari. Apabila mereka terkena sinar matahari terlalu banyak, kulit mereka akan luka.

Efeknya dapat dikurangi dengan antihistamin dan steroid alergi. Tapi tetap saja mereka tidak dapat berjemur di pantai.

4. Seks

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com