Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengganti Permukaan Sendi yang Aus

Kompas.com - 03/05/2011, 06:41 WIB

Indira Permanasari

Pada usia senja berbagai organ tubuh menjadi aus, termasuk tulang rawan permukaan sendi yang berperan penting dalam pergerakan. Namun, kecanggihan teknologi menyediakan jalan keluar. Permukaan sendi yang telah aus dapat digantikan dengan lapisan sendi buatan.

Permukaan sendi buatan tertanam di kaki Yusuf (70) sejak beberapa bulan silam. ”Rasanya tidak terbayangkan ada logam dan plastik di dalam tubuh saya,” kata dia.

Setahun belakangan Yusuf kerap mengalami nyeri di lutut, terutama saat bergerak. Suatu pagi Yusuf mendapatinya dirinya kesulitan bangkit dari posisi tidur. ”Mau bangun lutut rasanya sakit sekali,” kata Yusuf.

Yusuf pernah mencoba pengobatan alternatif seperti akupuntur, tetapi keluhan tak juga berakhir. Yusuf kemudian berkonsultasi dengan sejumlah dokter. Jawaban yang dia terima selalu sama, yaitu harus menjalani operasi penggantian permukaan sendi. ”Agak ngeri juga membayangkan operasinya. Namun, saya sudah tidak tahan lagi dengan sakitnya,” ujarnya.

Osteoarthritis

Dokter spesialis bedah ortopedi dari Rumah Sakit Premier Bintaro, Andito Wibisono, mengatakan, osteoarthritis, yakni proses penipisan tulang rawan di permukaan sendi kerap membuat orang menderita lantaran rasa nyeri, kaku, dan terjadinya pembengkakan.

Pada sendi, kata Andito, terdapat tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan antartulang. Bantalan sendi itu bisa rusak dan aus karena beberapa faktor, terutama usia. Bagian penting lain dari sendi adalah selaput synovial yang mengeluarkan cairan yang berperan sebagai pelumas serta ligamen (jaringan ikat) untuk menjaga kestabilan.

Salah satu bagian yang sering mengalami osteoarthritis adalah lutut. Jika bangun dari berjongkok lutut terasa nyeri dan sakit semakin menjadi saat menaiki tangga, bisa jadi Anda terserang osteoarthritis. Banyak orang kerap menyamakan keluhan itu dengan penyakit asam urat dan rematik, padahal osteoarthritis merupakan penyakit berbeda.

Osteoarthritis termasuk kelompok penyakit degeneratif yang banyak diderita oleh orang usia lanjut setidaknya mereka yang berusia di atas usia 45 tahun. Penyebabnya, proses penuaan alami. Namun, osteoarthritis bisa terjadi pada semua kelompok umur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com