Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadilah Vegetarian, 2 Hari Saja Tiap Minggu

Kompas.com - 04/05/2011, 16:56 WIB

KOMPAS.com — Menjadi vegetarian adalah suatu keputusan besar. Bagaimana tidak, Anda harus meninggalkan jenis makanan yang justru Anda sukai untuk alasan-alasan tertentu. Dari keinginan untuk mengurangi kolesterol hingga untuk alasan peduli lingkungan.

Namun, sebenarnya Anda tidak perlu menyingkirkan makanan-makanan yang Anda sukai. Apalagi jika Anda merasa santapan jadi kurang nendang jika tidak dilengkapi daging. Penelitian baru menunjukkan, Anda tidak perlu menghindari daging selamanya untuk menikmati manfaat yang didapat vegetarian penuh waktu.

Anda hanya perlu libur makan daging sapi, ayam, ikan, kambing, atau babi beberapa hari saja dalam seminggu. Menurut para peneliti, cara ini perlu dicoba.

"Makan sayuran dua hari saja dalam seminggu bisa menghasilkan manfaat kesehatan, lingkungan, dan keuangan yang nyata. Anda tidak perlu melakukan perubahan besar yang membuat Anda merasa kewalahan," kata Kate Geagan, RD, penulis buku Go Green Get Lean.

Kuncinya adalah mendapatkan nutrisi yang Anda perlukan dalam dua hari tanpa daging tersebut. Pilih jenis sayuran dan buah-buahan yang bervariasi sehingga Anda mendapatkan banyak asupan vitamin dan mineral. Tambahkan protein dari sumber-sumber nabati, seperti tahu, tempe, dan oncom, serta kacang-kacangan, seperti kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah, dan selai kacang untuk olesan roti gandum. Pilihan ini mampu mengatasi rasa lapar, juga memuaskan keinginan untuk makan enak.

Hasil penelitian ini sejalan dengan sebuah kampanye yang diluncurkan pada tahun 2003 yang diberi nama Meatless Monday. Kampanye ini dibuat untuk mendorong orang Amerika mengurangi lemak jenuh dari menu makanan mereka.

"Dua tahun lalu hanya ada satu blogger yang menulis tentang hari bebas daging," kata Chris Elam, direktur program tersebut. "Sekarang ada lebih dari 150 blogger, dan hampir 50 kafeteria kampus yang menerapkan Meatless Mondays."

Dalam sebuah survei yang dilakukan majalah Self, terlihat bahwa 40 persen pembaca ingin menghindari daging paling tidak beberapa hari dalam seminggu. Kemudian, ada 11 persen pembaca yang sudah menerapkan hari tanpa daging dua minggu sekali. Artinya, ada keinginan untuk makan sayuran lebih banyak, hanya saja banyak orang masih belum berani meninggalkan daging seterusnya.

Jika Anda sudah mampu menjadi vegetarian dua hari dalam seminggu, coba tingkatkan frekuensinya. Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com