Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksin Dengue Dibagikan Gratis

Kompas.com - 05/05/2011, 06:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 800 anak yang berada di Kecamatan Tambora, Senen, Koja, Pasar Minggu, dan Jatinegara akan diberikan vaksin dengue secara gratis pada Juni nanti.

Pemberian vaksin untuk penyakit demam berdarah dengue (DBD) ini merupakan bagian uji klinis tahap ketiga atas vaksin temuan lima fakultas kedokteran dari lima negara ASEAN.

Penelitian terhadap vaksin ini sudah dilakukan selama 25 tahun oleh Indonesia, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Malaysia. Uji klinis fase pertama dilakukan terhadap tentara. Fase kedua dilakukan terhadap anak-anak, tetapi dalam jumlah terbatas. Kedua fase itu menunjukkan hasil yang aman dan sangat baik, bahkan antibodinya bertambah bagus.

Pada fase ketiga ini dilakukan terhadap anak-anak dalam jumlah yang lebih besar dan serentak di kelima negara tersebut. Di Indonesia, uji klinis dilakukan di Jakarta, Bali, dan Bandung.

"Namun, kami belum mengetahui sampai kapan antibodi ini bertahan. Untuk itu, anak- anak ini akan kami pantau terus selama lima tahun. Kami ingin mengetahui apakah antibodinya tetap bertahan tinggi atau perlahan-lahan menurun," kata Sri Rezeki S Hadinegoro, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, yang menjadi salah satu peneliti dan ahli infeksi anak Departemen Kesehatan Anak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, di balaikota, Rabu (4/5/2011).

Kepala Dinas Kesehatan Masyarakat DKI Jakarta Dien Emmawati mengatakan, pihaknya sangat mendukung uji klinis ini mengingat angka penderita DBD di Jakarta cukup tinggi dan menjadi penyakit rutin setiap tahun.

"Ini penemuan bersejarah karena baru pertama kali ditemukan di dunia dan Indonesia ikut di situ. Lebih penting lagi, Jakarta mendapatkan kesempatan untuk uji coba vaksin ini," kata Dien.

Ia berharap vaksin ini dapat menurunkan kasus DBD di DKI Jakarta secara signifikan, bahkan menghilangkan penyakit DBD dari Jakarta. Selain itu, ia juga berharap vaksin ini bisa digratiskan bagi warga miskin yang berobat di puskesmas. (ARN)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com