Pentingnya Memilih Wadah Makanan Tepat

Kompas.com - 05/05/2011, 13:31 WIB
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com - Meningkatkan kesadaran akan kesehatan dan menanamkan pola hidup sehat sejak dini sudah selayaknya menjadi prioritas dan fokus perhatian para orang tua. Hal ini merupakan langkah tepat untuk mengurangi risiko beragam masalah kesehatan pada anak.

Salah satu langkah sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan wadah makanan yang aman. Mengapa wadah? Pasalnya, wadah merupakan bahan yang bersinggungan langsung dengan makanan, dan tak jarang mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan.

"Orang tua khususnya, dituntut lebih cermat dalam menyediakan wadah makanan kepada anak," ujar dr Yadi Haryadi, pakar pangan Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam seminar bertema 'Penerapan Pola Hidup Bersih, Sehat dan Aman', Kamis (5/4/2011) di Jakarta.

Menurut Yadi, kebanyakan orang tua dalam memberikan bekal makanan kepada anak kurang memperhatikan penggunaan wadah yang terbukti aman bagi kesehatan.

"Karena penggunaan wadah makanan yang tidak aman akan memungkinkan terjadinya perpindahan zat-zat kimia yang terkandung dalam plastik ke dalam makanan," imbuh Yadi.

Perpindahan zat kimia dari wadah ke makanan biasa disebut dengan migrasi. Zat-zat kimia tersebut kata Yadi, dapat menjadi racun yang membahayakan bagi kesehatan anak.

"Migrasi bahan kimia dapat disebabkan oleh suhu makanan, kondisi penyimpanan dan proses pengolahannya. Semakin tinggi suhu, maka semakin banyak bahan kimia yang bermigrasi," lanjutnya.

Ia menambahkan, materi plastik yang direkomendasikan untuk makanan dan minuman hanya plastik dengan logo food grade. Food grade adalah kemasan plastik yang direkomendasikan oleh Food and Drug Administration (FDA) AS sebagai wadah makanan dan minuman yang aman bagi kesehatan.

Menggunakan wadah yang aman, kata Yadi, juga akan mengurangi penggunaan jumlah plastik dan styrofoam, yang kemudian akan berdampak positif pada kelangsungan dan kelestarian bumi karena mengurangi jumlah sampah berbahaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.